Pasrah Sabar dan Ikhlas Dalam Kehidupan

Pasrah Sabar dan Ikhlas


Assalammualaikum, Wr. Wb.
Pernahkah Anda mencoba untuk mencari makna dari sabar, ikhlas dan pasrah? Dan apa bedanya tiga hal tersebut? Terkadang kita harus sabar dalam menghadapi sesuatu, terkadang juga harus mengikhlaskan dan terkadang kita harus memasrahkannya. Tapi apa perbedaannya??
Sekarang begini, saat kita mendapatkan suatu cobaan atau ujian dan musibah, sabar adalah jalan terbaik. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, sabar artinya tahan menghadapi sesuatu. Tapi menurut saya, maknanya lebih dalam dari sekedar tahan. Ada sesuatu yang tersembunyi dalam sabar. Yaitu optimis. Dalam keadaan sabar, orang cenderung bertahan dalam menghadapi ujian tersebut karena dia tahu akan ada keadaan dimana semuanya membaik. Orang yang sabar, akan berfikir positif dan punya keyakinan bahwa ujian itu bukan untuk menjatuhkan, tapi untuk meningkatkan kualitasnya sebagai manusia. Orang yang sabar akan lebih kuat dalam menghadapi cobaan. Karena ada harapan yang tersimpan. Inilah kekuatan hebat dari sabar, orang bisa sangat gigih jika dia dalam keadaan sabar.
Bersabar akan membuat kita bangkit dan lebih berkualitas sebagai manusia. Dalam AL-Qur’an sendiri banyak sekali disinggung tentang kesabaran, kemuliaan orang yang bersabar, dan balasan bagi orang yang sabar. Karena sifat sabar inilah, banyak orang yang sukses tidak hanya materi tapi juga matang dalam mental dan kepribadian. Dan disinilah saya memandang bahwa sabar sangat dahsyat bagi kehidupan seseorang. Bukan hanya bertahan dari ujian, tapi juga percaya dan mencari peluang untuk memenangkan ujian.
Bagaimana dengan ikhlas? Kembali mengutip dari kamus besar bahasa Indonesia, ikhlas artinya tulus. Menurut saya, ikhlas adalah keadaan dimana kita menerima apa yang menimpa pada diri kita karena kita tahu dan memahami betul apa yang menimpa diri kita. Keadaan ikhlas adalah saat kita menerima sesuatu karena kita tahu hal ini akan berdampak baik. Misalkan saja kita ikhlas dalam pekerjaan kita, karena kita tahu bahwa dibalik pekerjaan, ada target yang ingin kita gapai. Dan yang saya garis bawahi di sini adalah kita ikhlas karena kita tahu apa yang ada di balik semua yang menimpa kita. Bukan hanya menerima tapi juga memahami.
Menurut saya, yang paling rendah tingkatannya dari ketiga hal ini adalah pasrah. Pasrah artinya menyerahkan diri sepenuhnya. Jadi apabila kita renungkan, ada bau pesimis di dalam pasrah. Jika kita pasrah pada seseorang, artinya apapun yang orang tersebut lakukan pada kita harus kita terima. Sama halnya seperti taqlid ( meyakini sesuatu secara buta ). Pasrah akan menempatkan diri kita dalam posisi kosong dan bisa dibawa kemanapun. Manusia hanya boleh pasrah pada Allah SWT. Karena apapun yang Allah SWT berikan pada kita adalah yang terbaik. Berbeda dengan manusia yang bisa saja memanfaatkan kita jika kita pasrah. Hal lain yang tersembunyi dalam pasrah adalah, kecenderungan untuk tidak berusaha. Jika kita pasrah pada manusia, kita hanya bisa mengekor pada orang lain.
Sebenarnya Sampai saat ini, saya masih saja mencari apa hakikatnya sabar, ikhlas dan pasrah. Dan apa perbedaan dari tiga sifat tersebut. Dan yang saya temui sampai saat ini baru dasar dari hal ini.
Semoga Bermanfaat :)

Wassalammualaikum, Wr.Wb.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »